Waspada Dalam Penerapan Teknik SEO

Posted by handy on 04 February 2011

belajar seoMungkin tanpa sadar atau karena semangat 45 untuk menerapkan teknik-teknik SEO agar blog kita bisa lebih bersahabat dengan mesin pencari dan bisa tampil pada top ten pada search engine, mungkin ini bisa menjadi bahan pertimbangan buat sobat. Agar lebih berhati-hati dalam menerapkan jurus SEO pada blog,  Ini artikel saya dapatkan dari forum yang dipostkan oleh masdoyok, dan saya rasa sangat bermanfaat maka saya coba post maksud hati bukan untuk mengajari tapi hanya ingin berbagi.

Berikut yang perlu di waspadai  :

1. Jangan gunakan jasa SEO yang Anda terima lewat email. Akhir-akhir ini semakin banyak yang menawarkan jasa SEO melalui email. Anda diminta menukar uang Anda dengan ribuan backlink. Itu sama sekali tidak bagus. Saya bahkan tidak membukanya dan langsung menghapusnya.
2. Jangan optimasi URL Cadangan Anda. Misalnya Anda telah beralih dari blogspot ke domain .co.cc atau bahkan .com. Meski telah beralih blog Anda masih bisa diakses dengan url asli blogspot. Jangan optimasi keduanya. Jangan submit keduanya di webmaster. Submit salah satu yang benar-benar ingin Anda orbitkan. Dua domain berada pada satu halaman hasil pencarian dengan tujuan yang sama adalah hal yang benar-benar berbahaya dan dengan mudah memancing Anda ke sandbox.
3. Jangan tunda untuk melakukan optimasi SEO. Optimasi akan lebih mudah dilakukan dari awal. Menata dengan rapi mulai dari template (meta tag dan structur template) hingga kemudia ke postingan.
4.Jangan cuma terobsesi pagerank. Anda boleh memabangunnya dan senang dengan hasil PR Anda yang bagus, namun jangan berpikiran karena PR Anda bagus, maka posisi Anda di google result akan bagus juga tanpa faktor-faktor lain.
5. Jangan memilih kata kunci terlalu khusus. Banyak blogger sadar akan persaingan keyword populer yang sangat ketat. Keyword-keyword dua kata seperti, ‘piala dunia’, ‘berita terbaru’, ‘blog tips’, ‘info handphone’ tentu akan sangat sulit ditembus. Kemudian banyak blogger memilih menggunakan keyword ekor panjang. Hal itu efektif untuk pembangunan awal namun jangan gunakan yang terlalu panjang dan bahkan tak mungkin orang ketikkan. Sekarang google memberikan saran untuk memudahkan orang dalam pencarian sehingga memperkecil kemungkinan orang ketikkan keyword yang ‘terlalu’ panjang. Saat orang ketikkan, ‘profil pemain’ maka google akan memberikan daftar kebawah keyword yang paling populer yang tentu memancing pengguna.
6. Jangan periksa peringkat setiap saat. Yang paling buruk adalah bisa membuat Anda stress atau mematahkan semangat posting Anda. Lakukan optimasi dan SEO bukanlah hasil yang bisa dipetik dalam satu dua hari.
7. Jangan gunakan anchor yang sama untuk semua link masuk Anda. Untuk meningkatkan kekuatan kata kunci maka saat bertukar link blogger meminta kata kunci tertentu. Jangan lakukan itu untuk terlalu banyak blog, karena google menangkap itu bukanlah pembangunan link secara alami. Akan sangat terlihat aneh jika 1000 orang yang terinspirasi blog Anda memasang link Anda dan mereka mempunyai pemikiran yang sama tentang anchor Anda. Anda bisa mengakalinya dengan kata-kata di depan atau belakang keyword target. Misal Anda targetkan ‘info handphone’. Anda bisa meminta banyak pilihan, ‘info handphone terbaru’ atau ‘update info handphone’ atau ‘info info handphone’ dan masih banyak lagi.
8. Jangan berhenti update. Update lebih sering lebih baik namun jaga untuk tetap teratur. Satu artikel baru berarti satu jalan baru ke google.
9. Jangan berlebihan gunakan Google Addurl. Submit link Anda di google Addurl memang membuat index lebih cepat. Kurang satu jam artikel Anda akan diindeks. Namun jika Anda melakukannya setiap hari justru Anda akan terlempar dari google. Ping konten Anda di Pingomatic.com namun sama halnya, jangan berlebihan.
10. Jangan berlebihan dalam Meta Tag. Saat Anda menambahkan meta tag untuk blog Anda jangan berlebihan dengan memberikan lebih dari 3 kata yang sama pada deskripsi. Yang paling penting jangan lupa memasang meta tag dari google di webmastertools untuk verifikasi situs Anda.
11. Jangan lupa untuk Submit Sitemap di Webmaster. Anda bisa menggunakan sitemap generator yang memberikan hasil jauh lebih hebat ketimbang sitemap standart.

12. Jangan membangun kata kunci dengan teks atau link tersembunyi.
Jangan gunakan warna yang sama untuk font kata kunci dan background. Pastikan teks atau link terlihat. Jangan juga menggunakan anchor link dengan terlalu sedikit character atau susunan character aneh.
13. Jangan sampai terjadi duplicat tag h1. Untuk lebih mengoptimalkan index postingan bisa diakali dengan cara merubag tag judul postingan dengan tag h1. Namun jika terjadi duplicat tag h1 justru akan memperburuk peringkat situs Anda. Ada trik untuk mengakalinya agar tag h1 judul blog dan judul postingan tidak duplikat, namun saya memilih h1 untuk judul blog dan h2 untuk judul postingan.
14. Jangan malu menyertakan link sumber. Saat Anda lakukan copy paste artikel dari blog lain jangan malu untuk memasang link sumber karena itu yang dianjurkan google. Tidak memasang link sumber berarti Anda mendaftarkan diri di black list google dan itu mengarah ke sandbox. Pastikan Link sumber ditulis benar-benar dengan link, bukan hanya teks. Lebih baik gunakan blockquote jika artikel itu dari blog lain.
15. Jangan buat blog anda terlalu berat. Buat blog Anda cepat dan biarkan bot google memiliki waktu yang luang untuk melompat-lompat di blog Anda.
16. Jangan remehkan kekuatan Gambar. Berikan atribut alt untuk gambar dan gambar Anda akan lebih baik diindex google.
17. Jangan salah dalam menentukan judul Blog dan postingan. Judul blog dan judul postingan adalah hal yang sangat penting. Anda bisa mengincar keyword dengan memanfaatkan keduanya. Persiapkan sejak awal untuk judul blog dan jangan lakukan pergantian jika tidak mendesak.
18. Jangan terlalu banyak link keluar. Perbandingan link masuk dan link keluar akan menentukan kepopuleran Anda di emsin pencari. Jangan telalu banyak link keluar sementara link masuk Anda benar-benar minim.
19. Jangan remehkan kekuatan link internal. Jika anda memiliki jaringan link yang bagus di luar jangan abaikan juga kekuatan link internal. Link internal bisa Anda buat dengan membuat artikel terkait baik widget atau yang lebih bagus lagi di dalam postingan Anda. Membantu menambah pageviews Anda dan membuat google bot meloncat-loncat di blog Anda dari satu artikel ke artikel lain.
20. Jangan Tertipu hasil Google. Jangan langsung senang begitu Anda menemukan blog Anda pada peringkat satu karena mungkin itu karena fitur hasil pencarian personal google. Untuk menormalkan kembali dan melihat hasil cari yang sama di seluruh daerah, hapus history pada browser Anda
Artikel Terkait

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment