Tips Karyawan Memulai Bisnis

Posted by handy on 27 January 2011

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk berbisnis sambil tetap mempertahankan status sebagai seorang karyawan atau pegawai

  1. Siapkan diri menghadapi perubahan mental, sikap, dan perilaku.
  2. Siapkan diri menghadapi kritikan dan penolakan, khususnya yang berasal dari lingkungan tedekat anda
  3. Siapkan diri menghadapi keraguan
  4. Siapkan diri mengatasi beban psikologis
Jika secara mental anda siap yang dilakukan selanjutnya adalah memulai bisnis, agar bisa sukses menjalankan dua profesi sekaligus (sebagai karyawan atau pegawai sekaligus sebagai pengusaha), mungkit sedikit beberapa tips :
Ø  Pengaturan waktu yang tepat, setiap orang memiliki waktu yang sama 24 jam, tetapi tidak semua orang bisa memanfaatkan waktu yang 24 jam itu secara optimal. Jadi pintar-pintarlah dalam mengatur waktu.

Ø  Memilih bisnis yang sesuai, dalam menjalankan sesuatu anda mesti memilih jenis usaha yang tepat, ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan.

1.      Jika memungkinkan, pilihlah sumer penghasilan yang masih ada kaitannya dengan kegiatan atau bidang pekerjaan anda dikantor
2.      Pilih jenis usaha yang anda sukai
3.      Jangan mudah percaya dengan berbagai tawaran investasi pihak ketiga atau tawaran kerjasama bisnis
4.      Pilihlah bisnis yang tidak menuntut ketelibatan anda secara penuh, yang dapat didelegasikan kepada orang lain, atau dapat dikerjakan secara paruh waktu.
5.      Sebaiknya tidak memulai bisnis yang langsung besar, walaupun kemampuan keuangan anda cukup memenuhi untuk itu. Mulailah dari yang keil agar anda dapat belajar dari setiap proses dan persoalan bisnis yang terjadi.
6.      Bila ingin bergabung dengan bisnis waralaba atau network marketing  anda harus selektif dalam memilih perusahaan .

Ø  Menjaga Profesionalisme dikantor, bagaimanapun juga jika memiliki profesi ganda tentu saja membutuhkan tenaga, pikiran, perhatian, dan waktu yang lebih banyak. Anda harus professional jangan korbankan pekerjaan kantor, karena, bagaimanapun orang-orang dikantor bisa jadi calon konsumen anda dan mereka juga bisa menjadi juru kampanye bagi anda. Jika anda mempunyai reputasi bagus mereka akan memberikan rekumendasi yang bagus tentang anda

Ø  Menjaga hubungan baik dengan teman kantor, ada baiknya anda melakukan pemetaan terhadap kondisi kantor. Dan hal yang tidak kalah penting adalah anda harus mengetahui karakter teman kerja dikantor anda baik atasan, bawahan, atau rekan kerja yang lain. Mengapa demikian? Semua itu adalah asset untuk menetukan strategi dalam mengelola bisnis dan memaksimalkan hubungan baik dengan seluruh teman kantor.

Bila semuanya sudah berjalan baik , usaha anda dalam mencari sumber penghasilan bisa anda mulai dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha esa

Itulah sedikit resep untuk dapat menjadi karyawan atau pegawai yang sukses dengan berpenghasilan yang lumayan tanpa harus mengorbankan pekerjaan anda sebagai karyawan atau pegawai. Artikel Terkait

{ 1 comments... read them below or add one }

kredit tanpa agunan said... (Reply)

waktu deh kayaknya yangjadi masalah kalo buat aku, aku jadi ngga fokus sama pekerjaan di kantor... that's me :)

Post a Comment